Inilah 5 Kebiasaan Setelah Makan yang Sebaiknya Kamu Hindari

Kebiasaan minum teh setelah makan mungkin sudah biasa dilakukan sebagian orang, ya karena memang jelas menambahkan rasa nikmat sehabis makan. Tapi sebaiknya sekarang kamu kurangi kebiasaan tersebut, karena minum teh setelah makan akan menggangu proses pencernaan.

Bahkan bukan hanya kebiasaan itu saja yang akan menggangu pencernaan, dilansir dari kawaiibeautyjapan.com berikut 5 kebiasaan yang harus dihindari untuk meningkatkan kualitas kerja organ pencernaan.

Jangan mengkonsumsi buah setelah makan.

Buah-buahan
Buah buahan via  muammerokumus
Setiap jenis makanan memiliki waktu yang berbeda-beda ketika dicerna oleh tubuh, dan buah termasuk salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan. Jika mengkonsumsi buah setelah makan hal tersebut akan membuatnya tinggal lebih lama di dalam lambung sehingga dapat menimbulkan gas.

Waktu yang tepat mengkonsumsi buah adalah satu sampai dua jam sebelum makan, hal ini sangat baik untuk proses pencernaan, dan juga akan mencegah kita makan terlalu banyak pada saat makan. Nah untuk yang sedang diet trik ini bagus lho.

Jangan terlalu banyak minum air

Photo via Pink Sherbet Photography
Batasi minum air ketika sedang makan dan setelah makan, karena jika berlebihan akan menignkatkan asam lambung, sehingga perut terasa tidak nyaman bahkan sesak. Selain itu air dapat mengencerkan enzim, dan akan membuat tubuh harus bekerja lebih keras selama proses pencernaan.

Tunggu Dulu 1 Jam Sebelum Tidur.

Photo via Sarah Mahela Blatt
 Sehabis makan mungkin kita akan merasakan ngantuk, tapi sebaiknya jangan langsung tertidur, karena tidur setelah makan akan menghambat proses pencernaan dan menyebabkan kembung. Apalagi jika kamu tidur telentang, ini akang membuat makanan masuk langsung ke dalam kerongkongan sehingga dada terasa terbakar. Lebih baik setelah makan tunggu minimal satu jam baru kamu boleh tidur.

Sehabis makan jangan langsung berolahraga.


photo via Matthew Ragan
Langsung berolahraga setelah makan akan membuat tubuh kurang energy dalam memproses makanan di dalam tubuh. Tunggu minimal 30 menit, kemudian mulailah dengan olahraga yang ringan-ringan, karena olahraga ringan dapat membantu memperlancar kerja organ pencernaan.

Hindari minum Teh setelah makan.

photo via Pen Waggener
Pada minuman ini terdapat kandungan tannin dan polifenol yang bisa meningkatkan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Dan juga mengakibatkan tubuh sulit menyerap zat tersebut. Ini sangat merugikan untuk anak-anak dan ibu hamil, karena mereka sangat membutuhkan asupoan zat besi. Selain itu sifat asam dari daun the bisa menggangu kinerja organ pencernaan.


Comments